KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI


Dalam kehidupan manusia yang namanya komunikasi itu sangat diperlukan. Apalagi dalam hal berorganisasi. Komunikasi sangat diperlukan agar informasi yang diterima seseorang dapat berjalan dengan baik, dengan begitu tidak akan terjadi missed communication.

Jika sudah terjadi miss communication maka akan terjadi kesalahpahaman antara satu orang dengan yang lain terhadap informasi yang diterima. Tidak menutup kemungkinan dalam suatu organisasi akan terjadi konflik bila tidak adanya komunikasi.


Komunikasi itu sendiri merupakan suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain. Dalam berkomunikasi diperlukan cara bagaimana penyampaian informasi dapat diterima dengan baik, informasi yang diberikan juga harus sesuai dengan fakta yang ada. Komunikasi akan berjalan dengan baik jika informasi yang diberikan tidak menghadapi hambatan.

Dalam berkomunikasi di suatu organisasi terdapat unsur-unsur yang mendukung komunikasi itu sendiri agar berjalan dengan baik yaitu :

1. Komunikator, orang yang memberikan atau menyampaikan suatu informasi (Media perantara/manusia)
2. Menyampaikan Berita, mengenai bagaimana cara menyampaikan berita dengan baik
3. Berita-berita yang disampaikan, apa-apa saja informasi atau berita-berita yang ingin disampaikan
4. Komunikasi, mengenai bagaimana proses penyampaian informasi itu sendiri dari satu orang ke orang lain
5. Tanggapan atau Reaksi, mengenai bagaimana tanggapan atau reaksi seseorang terhadap informasi yang telah diberikan

Komunikasi itu sendiri bukannya tidak ada suatu hambatan dalam pelaksanaannya. Komunikasi sudah pasti memiliki hambatan dalam proses penyampaiannya. Disini seseorang harus bisa mengantisipasi setiap hambatan yang dilalui.
Oke teman, langsung aja mengenai hambatan-hambatan komunikasi yaitu :
Pertama, Hambatan yang bersifat teknis
Kedua, Hambatan semantik
Ketiga, Hambatan perilaku

Selain itu komunikasi dalam organisasi juga ada klasifikasinya. Komunikasi dalam organisasi di klasifikasikan sebagai berikut :

1.Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan, dilakukan dengan cara berbicara antar satu orang ke orang lain
b. Komunukasi Tertulis, menggunakan surat atau yang lainnya untuk berkomunikasi
c. Komunikasi Verbal, komunikasi secara alami (terjadi begitu saja)
d. Komunikasi Non Verbal, tidak secara alami (sudah direncanakan)

2. Dari segi arahnya
a. Komunikasi Ke atas
b. Komunikasi Ke bawah
c. Komunikasi Diagonal Keatas
d. Komunikasi Diagonal Kebawah
e. Komunikasi Horizontal
f. Komunikasi Satu Arah
g. Komunikasi Dua Arah

3. Menurut Lawannya :
a. Komunikasi Satu Lawan Satu, antara satu orang dengan satu orang lainnya
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok), antara satu orang dengan dua atau tiga orang lainnya (kelompok)
c. Kelompok Lawan Kelompok, antara kelompok satu dengan kelompok lainnya

4. Menurut Keresmiannya :
a. Komunikasi Formal
b. Komunikasi Informal

Pada dasarnya komunikasi dalam organisasi itu sangat penting untuk mencapai satu tujuan. Komunikasi tidak hanya pada organisasi perusahaan saja, tetapi dalam hal permainan seperti sepak bola sangat diperlukan komunikasi antara satu pemain dengan pemain lainnya agar semuanya berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Maka dari itu yang namanya komunikasi sangat penting bagi siapa saja, keluarga, organisasi, permainan, masyarakat dan lain sebagainya. Disarankan untuk setiap orang agar belajar berkomunikasi dari sejak dini, belajar untuk menyampaikan ide – ide atau pendapat yang ada dalam setiap pikiran sesorang.
 
Sekian dari saya mengenai komunikasi dalam organisasi, itulah yang saya tahu mengenai komunikasi dalam organisasi, mungkin masih banyak penjelasan mengenai komunikasi dalam organisasi selain yang telah dibahas diatas untuk dijadikan referensi teman-teman. Udah dulu yach… Bye :-)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa comment yaa ...!!!