Formulir Elektronik Gmail |
Dalam
merancang suatu formulir, seorang analis sistem harus mempertimbangkan
faktor-faktor berikut ini:
- Siapa yang memerlukan atau yang akan mendapat informasi yang dicatat di dalam formulir tersebut. Hal ini akan menentukan berapa lembar formulir tersebut harus dibuat.
- Adakah formulir lain yang sekarang dirancang atau sekarang digunakan berisi informasi yang sama? Jika ya, apakah ada kemungkinan menyatukan informasi di dalam formulir yang dirancang ini dengan formulir lain tersebut? Banyak perusahaan yang membuat faktur penjualan, surat muat (bill of lading), slip pembungkus (packing slip) dan surat order pengiriman dalam satu kali penulisan.
- Apakah elemen-elemen yang harus dicantumkan di dalam formulir yang telah disusun menurut urutan yang logis? Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengisian formulir dan akan mengurangi waktu pengisisan dan penggunaan formulir.
- Apakah formulir tersebut akan memerlukan penulisan dengan tangan atau pemrosesan dengan mesin atau kedua-duanya? Hal ini akan menentukan lebar spasi dan penggunaan garis atau hanya spasi saja.
- Apakah formulir tersebut akan diisi dengan pensil, tinta, mesin ketik atau mesin khusus atau dengan proses penggandaan yang lain? Hal ini akan menentukan jenis dan mutu kertas yang akan digunakan serta jumlah ruang yang harus disediakan untuk memungkinkan pencatatan informasi.
- Apakah formulir tersebut akan disimpan dalam suatu arsip? Hal ini akan menentukan mutu kertas yang harus digunakan, ukuran kertas dan preforasi yang harus dibuat, jika hal ini diperlukan.
Inspired by Source :
http://ononiha88.blogspot.com/2012/07/bab-i-formulir-formulir-dokumen.html
Dalam merancang suatu formulir, seorang analis sistem harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini:
Original Post at: http://ononiha88.blogspot.com/2012/07/bab-i-formulir-formulir-dokumen.html
Original Post at: http://ononiha88.blogspot.com/2012/07/bab-i-formulir-formulir-dokumen.html
Dalam merancang suatu
formulir, seorang analis sistem harus mempertimbangkan faktor-faktor
berikut ini:
1. Siapa yang memerlukan atau mendapat informasi yang dicatat di
dalam formulir tersebut? Hal ini akan menentukan berapa lembar formulir
tersebut harus dibuat.
2. Adakah formulir lain yang sekarang dirancang atau sekarang
digunakan untuk informasi yang sama? Jika ya, apakah ada kemungkinan
menyatukan informasi di dalam formulir yang dirancang ini dengan
formulir lain tersebut? Banyak perusahaan yang membuat faktur penjualan,
surat muat (bill of lading), slip pembungkus (packing slip) dan surat
order pengiriman dalam satu kali penulisan.
3. Apakah elemen-elemen yang harus dicantumkan di dalam formulir
telah disusun menurut urutan yang logis? Hal ini akan mengurangi
kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengisian formulir dan akan
mengurangi waktu pengisian dan penggunaan formulir.
4. Apakah formulir tersebut memerlukan penulisan dengan tangan
atau pemrosesan dengan mesin, atau kedua-duanya? hal ini akan menentukan
lebar spasi dan penggunaan garis atau hanya spasi saja.
5. Apakah formulir tersebut akan diisi dengan pensil, tinta, mesin
ketik atau mesin khusus atau dengan proses pengandaan yang lain? Hal
ini akan menentukan jenis dan mutu kertas yang akan digunakan serta
jumlah ruang yang harus disediakan untuk memungkinkan pencatatan
informasi.
6. Apakah formulir tesebut disimpan di dalam suatu arsip? Hal ini
akan mementukan mutu kertas yang harus digunakan, ukuran kertas, dan
preforasi yang harus dibuat, jika hal ini diperlukan.
Original Post at: http://ononiha88.blogspot.com/2012/07/bab-i-formulir-formulir-dokumen.html
Original Post at: http://ononiha88.blogspot.com/2012/07/bab-i-formulir-formulir-dokumen.html
Dalam merancang suatu
formulir, seorang analis sistem harus mempertimbangkan faktor-faktor
berikut ini:
1. Siapa yang memerlukan atau mendapat informasi yang dicatat di
dalam formulir tersebut? Hal ini akan menentukan berapa lembar formulir
tersebut harus dibuat.
2. Adakah formulir lain yang sekarang dirancang atau sekarang
digunakan untuk informasi yang sama? Jika ya, apakah ada kemungkinan
menyatukan informasi di dalam formulir yang dirancang ini dengan
formulir lain tersebut? Banyak perusahaan yang membuat faktur penjualan,
surat muat (bill of lading), slip pembungkus (packing slip) dan surat
order pengiriman dalam satu kali penulisan.
3. Apakah elemen-elemen yang harus dicantumkan di dalam formulir
telah disusun menurut urutan yang logis? Hal ini akan mengurangi
kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengisian formulir dan akan
mengurangi waktu pengisian dan penggunaan formulir.
4. Apakah formulir tersebut memerlukan penulisan dengan tangan
atau pemrosesan dengan mesin, atau kedua-duanya? hal ini akan menentukan
lebar spasi dan penggunaan garis atau hanya spasi saja.
5. Apakah formulir tersebut akan diisi dengan pensil, tinta, mesin
ketik atau mesin khusus atau dengan proses pengandaan yang lain? Hal
ini akan menentukan jenis dan mutu kertas yang akan digunakan serta
jumlah ruang yang harus disediakan untuk memungkinkan pencatatan
informasi.
6. Apakah formulir tesebut disimpan di dalam suatu arsip? Hal ini
akan mementukan mutu kertas yang harus digunakan, ukuran kertas, dan
preforasi yang harus dibuat, jika hal ini diperlukan.
Original Post at: http://ononiha88.blogspot.com/2012/07/bab-i-formulir-formulir-dokumen.html
Original Post at: http://ononiha88.blogspot.com/2012/07/bab-i-formulir-formulir-dokumen.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
jangan lupa comment yaa ...!!!